Kesiapan Belajar Mahasiswa Program Studi Agronomi Menghadapi Digitalisasi Pendidikan

Penulis

  • Nuraisyah Takdir Universitas Amal Ilmiah Yapis Wamena
  • Arian Loho Universitas Amal Ilmiah Yapis Wamena
  • Akas Logo Universitas Amal Ilmiah Yapis Wamena

Kata Kunci:

Kesiapan Belajar, digitalisasi pendidikan

Abstrak

Perkembangan teknologi dan informasi yang sangat pesat memberikan tantangan sendiri bagi dunia pendidikan di Wamena. Era industri 4,0 menuntut penggunaan internet sebagai penghubung antara dosen dan mahasiswa. Pembelajaran konvensional harus mulai dirubah ke arah pembelajaran berbasis internet untuk itu tugas dosen atau tenaga pengajar akan bertambah mengingat metode atau model pembelajaran berbasis internet ini akan menyulitkan mahasiswa di wamena karena beberapa hal yang menyulitkan penerapan pembelajaran seperti ini. Pelaksanaan digitalisasi Pendidikan ini akan membawa dampak yang positif bagi perkembangan Pendidikan di Wamena. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perkembangan digitalisasi Pendidikan di Universitas Amal Ilmiah (UNA’IM) Yapis Wamena dan untuk mengetahui bagaimana kesiapan belajar mahasiswa program studi agronomi dalam menghadapi digitalisasi pendidikan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi dengan Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Hasil penelitian yang didapatkan adalah perkembangan digitalisasi Pendidikan di Universitas Amal Ilmiah (UNA’IM) Yapis Wamena sudah cukup baik sedangkan untuk kesiapan belajar mahasiswa dalam menghadapi digitalisasi Pendidikan masih rendah yang dilihat dari aspek sarana dan prasarana, aspek fisik dan aspek mental.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-03-27

Cara Mengutip

Takdir, N., Loho, A., & Logo, A. (2023). Kesiapan Belajar Mahasiswa Program Studi Agronomi Menghadapi Digitalisasi Pendidikan. JURNAL HOLAN, 1(1), 20-25. Diambil dari http://holan.unaim-wamena.ac.id/index.php/holan/article/view/4

Terbitan

Bagian

Artikel